Share This

Senin, 20 Juni 2011

Komkep "pasien yang difonis akan meninggal"

 Kaoru adalah remaja yang menjalani hidupnya tidak  seperti selayaknya remaja pada umumnya, dikarenakan dia mengidap penyakit XP (Xeroderma Pigmentosum) . Jadi karena penyakit ini Kaoru tidak boleh terkena sinar UV dari matahari secara langsung. Untuk itu, Kaoru selalu diharuskan berdiam diri di dalam rumah selama matahari bersinar, dan boleh keluar jika siang sudah berganti malam. Setiap malam Kaoru selalu keluar bersama Koji, sampai suatu saat Kaoru terjebak dalam Komidi Putar yang macet dan terkena sengatan matahari yang mengkibatkan penurunan kondisi tubuh kaoru dan fatalnya dapat mengakibatkan kematian dengan kata lain kaoru di fonis akan meninggal oleh dokter. Untuk lebih jelasnya temen - temen dapat melihat cuplikan video dimana dokter memberikan vonis dan di saat ayah kaoru sudah mulai membuka diri atau sudah masuk tahap bergaining.

Kalimat motivasi/support apakah yang seharusnya kita berikan kepada pasien atau keluarga pasien tersebut agar pasien atau keluarga dapat menerima vonis tersebut dan terus dapat membangun sikap positif. Silahkan berkomentar teman -teman ?????

17 komentar:

  1. G1D009086
    " HAE !!!!! (japanise language)
    semua ini sudah dituliskan olehNya... bapak harus tabah dan sabar menghadapinya.....kita sebagai keluarga harus dapat memotivasi kaoru, dan berikan yang terbaik oleh kita untuk sisa hidupnya... takdir tidak bisa dihentikan namun dapat diubah asal kita mau berusaha. tetap semangat dan berikan semangat hidup kepada kaoru....
    ganbatte

    BalasHapus
  2. hestri sumarlin (G1D009040)
    Bapak,kondisi anak bapak sekarang sedang kurang baik.. bapak dan keluarga harus tetep suport dia, kasih dia semangat dalam menghadapi cobaan ini dan jangan lupa keluarga mendoakan untuk kesembuhan kaora..
    semoga dengan suppot dari keluarga dan juga doa, kaora dapat melewati masa-masa krisis ini...

    BalasHapus
  3. rizky oktaviani (G1D009076)
    Menurut aku:”ibu…saya sangat mengerti perasaan ibu dan saya juga mengerti bagaimana perasaan karou..dia pasti sangat sedih denagn keadan dia yang seperti ini yang menghambat aktifitasnya seharusnya dia bisa keluar rumah kapanpun ia mau layaknya orang normal namun apa daya..dan saya mengerti sekali keadaan ibu sekarang setelah mendengar kabar dari dokter tadi,sebagai seorang ibu tak bisa dipungkiri ibu pasti merasa sangat sedih dan tak tahu lagi harus berbuat apa sedangkan segala cara sudah ibu usahakan demi kesembuhan anak ibu namun takdir berkata lain…ibu yang tabah ya bu…dan perlu ibu ingat kami atau dokter sekalipun tidaklah akan pernah tau umur manusia bu..yang bisa tau idup dan mati seseorang hanyalah tuhan,ketika emnag tuhan tidak berkehendak maka kejadian terburuk sekalipun tidaklah akan pernah terjadi…ibu jang sedih dan bertindak seperti ini yah karena hanya akan membuat karou semakin sedih dan tidak bersemangat lagi,saran saya baiknya ibu dan keluarga banyak lah berdoa meminta yang terbaik untuk karou..dan buatlah karou merasa semang dan bersemangat untuk menjalani hari-harinya kedepan..berikanlah warna-warni kehidupan yang indah untuk karou walau dengan keterbatasan yang ada bu…kami yakin ibu bisa melakukannya dan jika ibu butuh bantuan atau tempat berbagi sekalipun saya dengan senag hati mau membantu ibu….

    BalasHapus
  4. Cici novika (G1D009082)

    Bapak,anak bapak dalam keadaan kurang baik karena anak bapak terkena sinar UV,sehingga dokter memponis anak bapak akan meninggal.
    tetapi,bapak jangan putus asa karena yang dokter katakan belum tentu benar,sebab yang mengetahui hidup dan mati hanyalah Tuhan.
    kita harus tetap beri semangat,perhatian,dan dukungan kepada karou,
    Juga berusaha untuk menyembuhkan penyakitnya dan berdoa agar karou bisa sembuh.
    Amiinnnn....

    BalasHapus
  5. (G1D009072)
    untuk kaoru : mungkin jika saya berada pada posisi anda sya akan mengalami hal yang sama. saya ingin berteriak dan menangis hingga air mata tak bersisa, tapi.. anda jauh lebih baik dari saya, anda orang yang memiliki semangat hidup yang tinggi, tetap berpositif dalam menjalani hidup. mungkin saja jika saya bisa bermain sulap, akan saya lakukan sekarang juga, agar anda dapat tersenyum kembali. kaoru, tetaplah semangat dan terus berdo'a, yakinlah Mu'zizat Tuhan itu ada. lanjutkan semangat yang anda miliki. jangan putus berharap, pasti bisa melewati semua ini, karena kau adalah HEBAT..!
    kaoru, tidak ada mantra yang lebih hebat dari do'a, maka berdo'alah terus kaoru, Tuhan bersama orang-orang yang sabar dan itu adalah anda. Tuhan pasti akan mendegar do'a anda.

    untuk keluarga : bapa, saya mengerti apa yang bapa rasakan saat ini, sayapun dapat merasakannya, sakit mungkin ketika mendengar hal tersebut, tapi.. biarlah dokter berkata apapun, Tuhanlah yang mengetahui semuanya, Tuhan memiliki rencana untuk bapa,keluarga dan juga untuk kaoru, saya bangga melihat bapa yang masi semangat, dan tetap berdo'a, lakukan itu pa, jagan putuskan do'amu, yakinlah Tuhan akan memberikan keajaiban. tetap semangat dan menyemangati kaoru karena saat ini kaoru sangat membutuhkan semangat dari bapa. Melihat bapa bahagia, kaorupun pasti akan bahagia dan memberikan senyumannya lagi, kemudian semuanya akan terasa lebih hidup. akan tetapi, jika bapa bersedih, maka kaorupun akan terasa hambar, senyumnya terasa pahit. Semangat terus pa, tetap berdo'a untuk kesembuhan kaoru. Yakinlah Kekuasaan Tuhan jauh lebih hebat dari pengetahuan dokter. bapa... mantra yang lebih ampuh adalah do'a dari keluarga, yang mampu mengalahkan seluruh mantra di dunia. jangan patahkan semngat kaoru pa, dengan bapa bersedih, tetapi tumbuhkan semngatnya karena bapa sayang kaoru.

    BalasHapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  7. RATIH DESTIANA G1D009074
    menurut pendapat saya untuk keluarga:
    "bapak,ibu..saya turut prihatin mendengar berita tersebut. saya dapat mengerti bagaimana perasaan bapak dan ibu saat ini akan tetapi meskipun kaoru telah mendapatkan fonis dari dokter, hal ini seharusnya tidak dijadikan sebagai keputusasaan bagi bapak dan ibu serta keluarga yang lain. kita harus tetap memberikan yang terbaik untuk kaoru pengobatan,doa serta penyemangat hidup baginya. kita harus tetap berusaha untuk kaoru, segala keputusan kita serahkan pada tuhan tetap ikhlas dan berbesar hati akan peristiwa ini segala sesuatu akan ada hikmahnya. berikan yang terbaik untuk kaoru bu, pak..."

    BalasHapus
  8. imam sugiarto (G1D009079)
    1. untuk klien tervonis: kaoru.....
    gimana perasaan anda sekarang..
    kita disini selalu ada untuk anda, kita harus menyadari apapun vonis dokter kepada kita tentu kembali lagi pada kuasa Tuhan... jadi jangan lelah sampai disini, kita harus tetap semangat,,,, ok.....
    2. untuk keluarga...
    bapa, ibu dan semuanya....
    hidup mati, sakit sehat dan semuanya yang ada didunia ini sudah ada yang mengatur... saya menegerti perasaan bapa, ibu... tapi kita tidak boleh terlarut dalam suasana ini... pasti Tuhan punya rencana yang lebih baik untuk kaoru....

    BalasHapus
  9. Nur afifah Y. (G1D0009078)
    1. untuk kaoru
    kaoru....
    saat ini, apa keinginan yang ingin anda wujudkan?? mungkin kita semua bisa membantu mewujudkannya.kami disini akan selalu ada untuk kaoru,karena kami ingin anda bahagia di saat saat terakhir ini.apapun yang terjadi nanti,kita harus yakin bahwa semua itu terbaik buat kita.semangaat ! :-)

    2. untuk keluarga
    bapak,ibu yang tabah ya..
    kami mengerti peraasaan bapak ibu sekarang,kita boleh bersedih tapi jangan sampai berlarut larut..hal terbaik yang bisa kita lakukan saat ini adalah mendoakan kaoru. vonis dokter bukan akhir dari segalanya karena segala sesuatu Nya tuhan lah yang menentukan. apapun yang terjadi kita harus yakin itu yang terbaik untuk kaoru. yang tabah ya ibu.:-)

    BalasHapus
  10. Mudzati Nur Ulumi(G1D009081)

    Bapak dan keluarga harus tabah menghadapi cobaan ini.....
    Saya tahu ini memang berat untuk bapak dan keluaraga...
    Bapak,Kaoru memamg dalam kondisi sangat kritis namun Kaoru jg pasti tidak mau melihat orang-orang yang paling dia cintai yaitu bapak dan ibunya menjadi terlihat sedih dan menderita karena dia..
    Bapak harus tetap smangat dan berikan dukungan penuh untuk Kaoru agat dia tidak terlalu larut dalam masalah ini.
    Semua yang menentukan hanya Allah SWT,kita juga tidak tahu apabila Allah punya kehendak lain,kita semua sama-sama ya pak senantiasa berdoa untuk kesembuhan Kaoru agar diberi kekeuatan dalam menghadapi cobaan ini..amin

    BalasHapus
  11. ARIF EKO YUNIAWAN G1D009036
    1. Untuk Keluarga
    Bapak yang tabah ya (sambil memberikan sentuhan). Yang dibuthkan Kaoru adalah dukungan semangat dari bapak dan ibu, jangan sampai bapak terlihat bersedih di depan kaoru. Anggap saja ini tidak pernah terjadi, jangan sampai ini menghalangi kaoru untuk terus berkarya. Serahkan semuanya kepada yang Maha Menentukan.
    2. Untuk Pasien
    Kaoru boleh menangis sekarang, menangislah sepuas kaoru mau, keluarkan semua kekhawatiran yang ada, tapi setelah ini kaoru harus bangkit, tidak boleh terus berlarut-larut dalam kesedihan. Kaoru pasti bisa.,Terus berpikiran positif karena kesembuhan kaoru, kaoru yang menentukan sendiri mau seperti apa nantinya.

    BalasHapus
  12. NOOR KOMARIAH FAJRIN G1D009073
    Untuk Kaoru:
    Mba, saya mengerti apa yang sekarang mba rasakan, kalau saja saya berada di posisi mba saat ini saya juga akan merasakan hal yang sama seperti mba. Tapi, apa dengan berdiam diri dan merenung akan merubah kondisi mba ? Mba harus tetap semangat menjalani ini semua, tetap berusaha dan berdoa. Keajaiban TUHAN pasti akan datang mba. Mba harus yakin, mungkin dibalik semua ini TUHAN mempunyai rencana yang terbaik buat mba. Yang tegar yaa mba.
    Untuk Keluarga:
    Bapak,ibu saya mengerti betapa berat menjalani semua ini. Bapak, ibu saya salut dengan semua usaha yang kalian lakukan untuk anak yang kalian sayangi ini. Bapak, ibu telah berusaha dengan maksimal untuk Kaoru. Tapi, apa bapak,ibu mau terus-terusan bersedih? Kita harus tetap memberi semangat untuk Kaoru. Pa,bu vonis dokter itu bukan ahir dari segalanya, hanya TUHAN yang dapat menentukan. Tapi bapak,ibu juga harus tetap berdoa dan tetap memberi semangat untuk Kaoru. Bapak,ibu harus yakin. Apapun yang terjadi pada Kaoru mungkin itu yang terbaik dan dibalik ini semua mungkin TUHAN punya rencana yang terbaik untuk Kaoru. Yang tabah yaa pak,bu.

    BalasHapus
  13. Nurmala Sari
    G1D009080

    Ini bukan salah bapak, semua yang terjadi sudah tertulis d Lauful Mahfuz,
    bapak seharusnya membuat kenangan yang indah di saat terakhir hidup anak bapak...
    tetap berikan dia semangat...
    siapa yang tahu akan takdir Tuhan...
    sebaiknya bapak dan keluarga juga tetap tegar...
    berikan kekuatan bagi anak bapak...
    semoga kita semua bisa mlewati ujian ini...

    BalasHapus
  14. Arfani Asa Baldah (g1d009083)
    Kaoru,,, bukan berarti penyakit ini menghalangi jalanmu untuk dapat merasakan kehidupan di luar sana....Anggap saja ini ujian atau cobaan dari Tuhan...


    Dokterb tidak dapat memvonis umur kita seenaknya,,,itu semua rahasia Tuhan ,hanya Tuhan yang tahu kapan hidup manusia akan berakhir...

    jangan jadikan penyakitmu ini sebagai beban,,,anggap saja penyakitmu ini sebuah noda yang hinggap di baju putihmu,,yang sewaktu-waktu dapat dicuci dan akan luntur...

    Percayalah kau akan sembuh,,,jangan hanya karena penyakit yang kau derita ini kau tidak dapat bergaul dan bermain dengan teman sebayamu...percayalah kau akan sembuh...selalu berharaplah kepada TUhan....

    BalasHapus
  15. Anindita Ratna Pratiwi ( G1D009033)

    untuk keluarga : bapak yang sabar ya..
    saya tahu, bapak pasti merasa apa yang bapak lakukan selama ini untuk melindungi kaoru sia-sia, tapi percayalah tidak ada yang sia-sia di dunia ini. semua pasti akan ada manfaatnya.
    saran saya, bapak dan keluarga tetap memberikan sen=mangat kepada kaoru, karena semangat dan j=kehadiran keluarga pasti sangat dibutuhkan oleh kaoru, dan itu yang membuat ia bertahan sampai selama ini. oleh karena itu janganlah bersedih di depan kaoru, karena kaoru juga kan merasa bersedih jika melihat kalian bersedih..
    dan berdoalah kepada Tuhan untuk kesembuhan kaoru, Tuhan pasti memberikan yang terbaik untuk kaoru, apabila memang kaoru harus pergi mungkin memang itulah yang terbaik untuk kaoru, Tuhan yang tahu batas kemampuan kaoru, mungkin dengan begitu kaoru tidak akan menderita lagi dengan penyakitnya..
    yang pasti bapak dan keluarga harus selalu memberikan semangat kepada kaoru..

    untuk kaoru : kaoru, pasti sedih ya. kaoru boleh kok menangis, kaoru boleh bercerita ke saya pa yang dirasakan kaoru, tapi kaoru tidak boleh beeputus asa, kaoru harus tetep punya semangat hidup.. kaoru tidak ingin kan membuat keluarga sedih dengan melihat kaoru sedih,,
    walaupun kaoru tidak bisa bermain gitar lagi, tapi kaoru masih bisa berkarya dengan cara lain untuk mengungkapkan isi hati kaoru..
    semangat kaoru, Tuhan pasti punya rencana yang lebih indah untukmu.. :)

    BalasHapus
  16. Agus Kurniawan (G1D009070)


    koaru,,apa yang kamu alami sekarang ini pasti membuat koaru merasa menjadi anak yang tidak beruntung,tapi koaru harus tetap bersyukur dan ikhlas karena masih banyak orang di luar sana yang lebih kurang beruntung.koaru kan masih punya orang tua yang sangat sayang sama koaru,dan orang tua koaru juga ingin sekali koaru bisa sembuh,makanya koaru harus berusaha untuk sembuh dan yakin sembuh ya.

    bapak koaru yang ikhlas ya dengan keadaan yang menimpa anak bapak,tetap berdoa kepada tuhan,meminta kepadanya yang terbaik untuk anak bapak,dan tetap memberikan semangat untuk anak bapak.kami sebagai tim medis hanya bisa mengusahakan yang terbaik untuk anak bapak,tetapi yang menentukan hanya tuhan.meskipun nanti anak bapak pergi itu sudah jadi kehendak tuhan dan mungkin itu yang terbaik buat bapak.

    BalasHapus
  17. Gilang purnama (G1d009084)

    untuk koaru;Semua yang kamu alami janganlah menjadi beban untuk koaru,jika kamu bisa menganggap ini ujian yang harus di jalani dan di selesaikan.maka koaru akan mempunyai semangat untuk menjalani ini,jangan biarkan orang yang sayang sama koaru kecawa karena koaru menyerah begitu saja,tetaplah semangat menjalani semuaanya koaru..

    untuk bapak dan keluarga;semua kejadian yang di alami oleh anak bapak bukanlah musibah utuk bapak dan anak bapak,semua ini cobaan dari tuhan.bapak harus bisa iklas menjalani,memberikan semangat untuk anak bapak dan terus berdoa kepada tuhan agar di beri yang terbak untuk semuanya.

    BalasHapus